Import Harga Saham di Excel 2016 dengan Sekali Klik!

Punya Microsoft Excel 2016 dan ingin mendapatkan data harga saham di BEI dengan sekali klik tanpa harus mengetik manual puluhan harga saham satu-satu? Yes ma pren, kamu berada di tempat yang tepat.

Photo by William Iven on Unsplash

Syarat utamanya adalah tersedia koneksi internet. Koneksi ini tidak harus selalu ada, kita hanya membutuhkannya ketika ingin membaharui daftar harga saham ketika ingin mengevaluasi portfolio.

Jadi akan sangat cocok bagi mereka yang terbiasa mengevaluasi portfolio tiap end of the day, akhir pekan, atau akhir bulan.


Caranya?


Sebelum Anda bisa melakukan pembaruan harga saham dengan sekali klik sebagaimana judul artikel ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Buat file baru Excel, lalu bikin sheet baru; Atau jika sudah punya file yang digunakan untuk mencatat portfolio saham, langsung saja buat sheet baru. 

Kemudian agar lebih mudah, ubah nama 'tab' sheet baru tadi menjadi dbSaham agar lebih mudah mengikuti langkah-langkah berikutnya.

Klik gambar untuk memperbesar tampilan.

Klik tab sheet bernama dbSaham, kemudian masih di sheet tersebut klik menu di posisi paling atas: Data > New Query > From File > From CSV.

Klik gambar untuk memperbesar tampilan.

Setelah itu akan muncul pop-up window yang tampilannya sama persis ketika kita akan membuka file.

Nah, di sini instead kita membuka file, justru kita akan memasukkan sebuah tautan berikut:

https://docs.google.com/spreadsheets/d/e/2PACX-1vTqf_vtdIOtrdYOCNSwz_7jfsIz_ZWLi_ScFNCklb9qEviffC3H5gD62DMksq2ZDWbI1tUcrtpaGUO1/pub?gid=1513457083&single=true&output=csv

Klik gambar untuk memperbesar tampilan.

Setelah itu klik open yang kemudian akan muncul pop-up window seperti gambar di bawah ini. Pada pop-up window bagian kanan bawah ada drop-down menu antara load dan load to, di sini kita pilih yang load to dan kemudian diklik.

Klik gambar untuk memperbesar tampilan.

Kemudian akan masih muncul lagi sebuah pop-up window. Di sini kita langsung pilih Existing worksheet dan kemudian klik Load.

Klik gambar untuk memperbesar tampilan.

Setelah klik Load, sekarang di sisi kanan layar akan muncul Workbook Queries yang sedang mengunduh data.

Klik gambar untuk memperbesar tampilan.

Untuk mempercepat proses pengunduhan ini, pada menu paling atas Excel, klik tab Data, kemudian klik menu Refresh All.

Klik gambar untuk memperbesar tampilan.

Cara mengambil harga saham dari tab dbSaham ke portfolio?


Jika seluruh data saham dan harganya telah berhasil diunduh, berikutnya adalah memanfaatkan data ini dengan perintah fungsi bawaan dari Excel yaitu: =vlookup().

Buat tab sheet baru atau buka sheet lain yang ingin cell atau kolom Excel-nya bisa memperbaharui harga saham secara otomatis.

Di tab baru, saya umpamakan saja Anda telah menulis kode saham TLKM di cell A1. Kemudian Anda ingin di cell B1 dapat menampilkan harga saham TLKM secara otomatis.

Di cell B1, ketik kode berikut:

=vlookup(A1,dbSaham!A1:B2000,2,false)

Keterangan:
- vlookup adalah perintah pencarian pada sebuah tabel secara vertikal.
- A1 adalah cell tempat kode saham yang ingin diketahui harga terakhirnya.
- dbSaham!A1:B2000 adalah tabel saham dan harganya yang berada di tab sheet dbSaham.
- 2 adalah kolom ke dua. Yang mana jika kolom pertama pada tabel di tab sheet dbSaham adalah kolom berisi list kode-kode saham, maka di kolom ke dua adalah kolom berisi list harga-harga saham.
- false adalah perintah bahwa pencarian vlookup pada tabel di dbSaham harus sama persis dengan kode saham yang diketik di cell A1.


Klik gambar untuk memperbesar tampilan.

Jika langkah yang dilakukan sudah benar, sekarang coba Anda ganti kode saham TLKM pada cell A1 dengan kode saham yang lain, misalkan saja INDF. Jika harga di cell B1 harganya telah berubah, berarti sudah sip.


Penting!



Tiap kali membuka file Excel Anda dan ingin mengevaluasi portfolio Anda, agar mendapatkan daftar terbaru dari harga saham, lakukan hal berikut:

  1. Pastikan PC atau laptop Anda sedang terkoneksi internet.
  2. Buka menu Data, kemudian klik Update All.

Selalu klik Data > Update All tiap kali ingin mengevaluasi portfolio Anda.

Dua langkah di atas dilakukan hanya ketika Anda membutuhkan pembaruan harga saham terakhir.

Di sinilah yang dimaksud dengan sekali klik, yaitu Anda hanya membutuhkan sekali klik Update All untuk membaharui harga saham di file Excel milik Anda.

Harga yang didapat di daftar harga saham dbSaham, adalah data delay sekitar 15 hingga 20 menit, dan saya rasa hal tersebut tidak begitu bermasalah jika hanya digunakan untuk mengevaluasi portfolio dan bukan untuk tujuan realtime trading.

Yes ma pren, begitulah caranya. Lanjutkan langkah yang sama, yaitu dengan mengetikkan formula =vlookup() di cell-cell lain yang ingin digunakan untuk menampilkan harga saham.

Komentar

Postingan Populer