Pantau Harga Reksadana via Google Spreadsheets

Anda memiliki banyak akun retail reksadana (Bareksa, Bibit, IndoPremier, Moinves, Bukalapak, Tokopedia, dll.)? Lalu bingung bagaimana memantau peforma total seluruh portfolio reksadana Anda?

Tenang, ada Google Spreadsheets yang cukup sakti untuk memantau semua portfolio Anda.

Photo by Lukas from Pexels

Caranya cukup mudah. Pertama, cari dulu nama produk reksadana Anda di Google Search. Semisal Sucorinvest Money Market Fund, maka ketik di Google Search dengan kata kunci: Bloomberg Sucorinvest Money Market Fund.

Hasil pencarian Google Search.

Anda akan mendapatkan beberapa hasil pencarian; pilihlah hasil pencarian yang sesuai, yaitu tautan mengenai Sucorinvest Money Market Fund yang berada pada laman Bloomberg.

Di laman Bloomberg, akan ada kode khusus untuk tiap produk reksadana, pada contoh di atas kodenya adalah: SUCORMM:IJ.

Laman Bloomberg.

Catat kode tersebut, tanpa ":IJ", jadi yang dicatat hanya: SUCORMM.

Buka Google Spreadsheets dan buat file baru. Kemudian masukkan kode SUCORMM ke cell A1. Jika sudah, masukkan fungsi berikut pada cell B1:

=IMPORTXML("https://www.bloomberg.com/quote/"&A1&":IJ","//span[@class='priceText__1853e8a5']")

Dan bimsalabim, harga per-unit reksadana Anda langsung muncul di Google Spreadsheets. Harga per-unit ini akan otomatis diperbaharui mengikuti pembaharuan yang ada di laman Bloomberg.

Btw, perhatikan bahwa pada fungsi di atas ada penggalan "&A1&". Penggalan inilah yang akan membaca kode reksadana yang tadi kita masukkan ke cell A1.

Tampilan di Google Spreadsheets.

Dengan cara di atas, kita bisa membuat daftar harga-harga per-unit reksadana milik kita yang tersebar di berbagai platform. Setelah itu kita tinggal mengolahnya.

Semisal membandingkan harga per-unit terakhir dari tiap-tiap reksadana dengan harga rata-rata per-unit yang kita miliki. Kemudian membandingkan pula dengan total dana yang kita investasikan ke tiap produk reksadana.

Silahkan diotak-atik sendiri bagaimana membuat susunan ringkasan total portfolionya. Good luck! 😄

Komentar

Postingan Populer