Standarisasi Satu Minggu dalam Kalender (ISO Week Number)

Jika Anda mengira bahwa kalender Masehi adalah kalender standar dalam dunia finansial, mungkin sepertinya kita sama-sama salah. Untuk kalender keuangan, ada kalender sendiri yang terangkum dalam ISO 8601.

Dalam kalender ini, pada dasarnya hampir sama dengan kalender Masehi. Yaitu dalam seminggu terdapat 7 hari, dimulai dari hari Senin dan di akhiri dengan hari Minggu. Dalam satu tahun juga terdapat 52 minggu (kadang sampai 53 minggu).

Perbedaan paling mencolok terlihat ketika perubahan tahun. Semisal saja untuk tahun 2020, kalender Masehi memulainya dari tanggal 1 Januari 2020 Masehi. Sedangkan kalender ISO 8601, tahun 2020 dimulai dari 30 Desember 2019. Hehehe, aneh bukan? 🤭

Jadi dalam kalender ISO 8601, minggu pertama tahun 2020 (1st Weeks of 2020) dimulai dari tanggal 30 Desember 2019.

Photo by Charles on Unsplash

Kok bisa begitu? 😦

Dari halaman Google Spreadsheets Function yang membahas soal fungsi untuk mengkonversi kalender Masehi ke kalender ISO, terdapat cara perhitungan sederhana bagaimana menghitung minggu pertama dalam kalender ISO.
  • Seminggu dimulai dari hari Senin dan berakhir di hari Minggu.
  • Minggu pertama dalam satu tahun dimulai dari satu minggu yang di dalamnya terdapat hari Kamis pertama tahun itu dengan:
    • Jika Kamis pertama dalam suatu tahun jatuh setelah tanggal 4 Januari, maka salah satu antara tanggal 1 s.d. 3 Januari tahun itu akan masuk di dalam minggu ke 52 atau 53 tahun sebelumnya.
    • Jika Kamis pertama dalam suatu tahun jatuh sebelum tanggal 4 Januari, maka salah satu antara tanggal 29 s.d. 31 Desember tahun sebelumnya akan masuk di dalam minggu ke 1 tahun itu.
    • Jika Kamis pertama dalam suatu tahun tepat pada tanggal 4 Januari, maka tanggal 29 s.d. 31 Desember tahun sebelumnya akan masuk di dalam minggu ke 52 tahun sebelumnya, dan tanggal 1 s.d. 7 Januari tahun itu akan masuk di dalam minggu ke 1 tahun itu.
Nah, untuk awal minggu pertama tahun 2020, kebetulan hari Kamis jatuh sebelum tanggal 4 Januari 2020, atau tepatnya hari Kamis jatuh pada tanggal 2 Januari 2020. Oleh sebab itu, tanggal 30 Desember 2019 sudah dihitung sebagai minggu pertama tahun 2020 dalam kalender ISO 8601.

Mumet? Sama. 🤣

Untungnya teknologi sudah canggih. Orang malas hitung seperti saya bisa mudah mencari minggu ke berapakah dari suatu tanggal Masehi dengan menggunakan Excel ataupun Google Spreadsheets (sepertinya juga bisa dengan cara yang sama di perangkat lunak lain semacamnya).

Untuk Google Spreadsheets, caranya dengan masukkan fungsi berikut:

=ISOWEEKNUM(DATE(Tahun,Bulan,Tanggal))

Lengkapnya bisa dicek di laman bantuan Google Spreadsheets ISOWEEKNUM atau bagi pengguna Excel bisa di cek di laman bantuan ISOWEEKNUM Function.

Fungsinya apa sih? Ribet amat? 🤔

Riilnya kurang tahu. Tapi dugaan saya adalah untuk memudahkan organisasi-organisasi resmi untuk saling berkomunikasi tanpa adanya perbedaan intepretasi kapan minggu pertama dalam satu tahun dimulai, ketika tanggal 1 Januari jatuh tidak tepat di hari Senin.

Komentar

Postingan Populer